Penerapan Teknologi

Kemajuan teknologi di bidang komunikasi, informasi, dan transportasi semakin memperlancar manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia semakin mudah mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai barang-barang yang dibutuhkan. Manusia juga semakin mudah dan cepat mendapatkan barang-barang yang dibutuhkannya. Teknologi informasi dan komunikasi yang membawa pengaruh terhadap perilaku manusia yakni media massa (televisi, majalah, surat kabar, dan internet). Media massa juga memiliki peran besar dalam memengaruhi perilaku manusia, baik itu perilaku positif maupun negatif. Perubahan perilaku manusia yang diakibatkan karena adanya penerapan teknologi antara lain sebagai berikut :
No. Bidang Kehidupan Perubahan Perilaku Manusia karena Adanya Penerapan Teknologi
DahuluSekarang
1.Informasi dan teknologi
Pada jaman dahulu teknologi informasi pun masih sangat sederhana. Beberapa alat yang digunakan pada zaman dulu antara lain, tulang, batu, kulit kayu, tanah liat, dan kulit binatang. Cara penyampaian informasi pada zaman dahulu adalah informasi menyebar dengan lambat. Mereka berkomunikasi lewat surat atau melalui kurir
Kegiatan komunikasi berbasis internet dan elektronik. Beberapa contoh diantaranya adalah e-learnig, e-banking, e-library, e-labolatory, e-mail dan sebagainya. Dengan hal tersebut di atas, dimensi ruang dan waktu tidak lai menjadi hambatan. Selain itu,proses pengolahan data pun semakin cepat dan efisien. Berbagai barang elektonik mulai dari televisi, handphone, pager, PDA, laptop hingga palmtop sudah menjadi barang-barang yang tidak asing lagi bagi masyarakat. 
2.Budaya
Kebudayaan asli Indonesia masih sangat sederhana dan belum terpengaruh oleh budaya dari barat
Dalam proses perkembangan budaya bangsa Indonesia saat ini terpengaruh oleh budaya barat baik dari sisi positif maupun negatifnya 
3.SosialSemangat rakyat yang senang bergotong royong dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, bermusyawarah memutuskan cara penyelesaian masalahSikap saling menghargai mulai sulit kita jumpai, sikap egois semakin merajalela sopan santun yang muda terhadap yang tua semakin menjadi barang mewah.
4.Pertanian
Pertanian masih menggunakan teknologi sederhana seperti membajak sawah dengan menggunakan tenaga sapi atau kerbau. Penggunaan pupuk organik yang berasal dari kotoran hewan atau tumbuhan yang telah membusuk
Penggunaan teknologi canggih dalam pertanian misalnya penggunaan mesin bajak. mesin perontok padi, dan penggunaan alat-alat canggih lainnya Penggunaan bahan-bahan kimia untuk meningkatkan hasil pertanian. Pengembangan teknologi pertanian yang dapat menghasilkan panen yang baik dalam waktu yang singkat
5.Industri
Di Indonesia, aneka industri memanfaatkan teknologi yang lebih sederhana dan memperluas kesempatan kerja, sehingga dapat dapat menyerap tenaga kerja. 
Industri menggukan teknologi canggih, di kota-kota industri mulai berkembang dan menghasilkan barang-barang produksi yang bermutu. Banyak industri di Indonesia yang sebagian sahamnya adalah hasil investasi asing
Setiap perkembangan yang terjadi akan berdampak positif dan negatif terhadap manusia, tidak terkecuali teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat. Hampir semua bidang sangat terbantu, tetapi tidak sedikit juga kerugian dari penggunaan teknologi informasi. Berikut ini kekurangan dan kelebihan teknologi informasi dan komunikasi.

Dampak Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi
  • Membantu mempercepat pekerjaan manusia, misalnya mengetik dengan komputer menjadi lebih mudah dan cepat.
  • Mempermudah komunikasi jarak jauh, misalnya dengan penggunaan telepon genggam atau surat elektronik.
  • Mempermudah proses transaksi keuangan, misalnya mengambil uang di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan transaksi keuangan melalui SMS banking.
Kerugian/Efek Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi
  • Komunikasi menjadi tidak nyata karena tidak perlu bertatap muka.
  • Penyalahgunaan untuk tindakan kriminal.
  • Munculnya perilaku individualisme, ketergantungan, dan egois karena orang lebih senang berada di depan komputer daripada mengikuti kegiatan sosial di lingkungannya.
  • Menjadi malas beraktivitas.
Kemajuan teknologi tidak saja berdampak pada perilaku manusia, namun juga terhadap lingkungan alam, contohnya asap kendaraan bermotor Kemajuan alat tranportasi sangat menunjang kelancaran dan kenyamanan manusia dalam beraktivitas.  Namun, di samping bermanfaat, perkembangan alat transportasi juga menimbulkan dampak negatif. Asap kendaraan bermotor menimbulkan polusi udara. Dampak asap kendaraan bermotor sebagai berikut.
  • Sistem pernapasan manusia terganggu.
  • Lapisan ozon di bumi semakin menipis.
  • Proses fotosintesis tumbuhan terganggu.
Untuk mengurangi dampak polusi udara, berikut upaya-upaya yang dapat kita lakukan.
  • Melakukan penghijauan (reboisasi).
  • Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor.
  • Menciptakan biosolar.
  • Melakukan penyuluhan terhadap masayarakat tentang dampak dan bahaya asap kendaraan bermotor.
  • Penggunaan sumber energi alternatif yang dapat diperbaharui, seperti tenaga angin, air, biomassa, dan bahan bakar organik.

Artikel Terkait