Meronce

Meronce adalah teknik membuat benda pakai atau benda hias dari bahan manik-manik atau biji-bijian yang dirangkai dengan benang. Ada dua macam manik-manik yang biasa digunakan untuk meronce. Jenis pertama adalah manikmanik yang terbuat dari bahan alam seperti manik-manik batu, kayu, kulit kerang, biji-bijian, dan mutiara. Jenis kedua yaitu manik-manik yang terbuat dari bahan buatan seperti manik-manik kaca, mutiara imitasi, dan manik-manik plastik.

Roncean dari biji-bijian dapat digunakan sebagai perhiasan atau aksesoris, seperti payet dalam busana. Rancean dari kertas berwarna-warni dapat digunakan sebagai hiasan pada jendela rumah.Roncean dari bunga melati dapat digunakan untuk perlengkapan pada aksesoris pengantin atau dalam penyambutan tamu.Roncean dari cangkang kerang / siput dapat digunakan untuk membuat tirai pintu atau jendela.Bahan roncean terbagi menjadi dua bagian yaitu  : 
  • Bahan Alam , Bahan dari alam yang dapat dibuat menjadi hiasan dengan teknik meronce, contohnya kulit kerang dan biji-bijian (biji sawo, biji srikaya, biji jarak, biji kapuk randu)
  • Bahan Buatan, Bahan buatan biasanya adalah bahan hasil olahan yang diproduksi dari pabrik dan mudah didapat di toko yang menyediakan benda kerajinan, seperti mote-mote atau manik - manik yang terbuat dari plastik, kaca dan logam. Bahan-bahan ini umumnya lebih awet ketimbang bahan alami dari biji-bijian. 
Pada dasarnya kegiatan meronce dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap perancangan dan tahap pembuatan. Simaklah uraian tahapan-tahapan meronce berikut.
1. Tahap Perancangan Karya
Untuk merancang karya roncean dapat dilakukan dengan cara menggambar di kertas karya benda roncean yang hendak dibuat. Sebaiknya berikan juga keterangan bahan yang akan digunakan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kita dalam membuat karya benda tersebut.
2. Tahap Pembuatan Karya
a. Membuat Roncean Kalung Bernuansa Alam
Berikut ini cara membuat karya kerajinan meronce berupa kalung. Di bawah ini diperlihatkan cara membuat kalung berbahan manik-manik dari kayu. Cobalah membuatnya dengan mengikuti langkah-langkah berikut!
1) Menyiapkan bahan dan alat
2) Meronce kalung manik-manik kayu
  • Potonglah senar karet sepanjang 25 cm. Buatlah simpul mati pada salah satu ujung senar.
  • Masukkan tiga buah manik-manik kayu berbentuk bunga. Lanjutkan dengan memasukkan sebuah manik-manik kayu berbentuk bulat.
  • Masukkan lagi tiga butir manik-manik kayu berbentuk bunga dan sebuah manik-manik kayu berbentuk bulat. Kerjakan hal yang sama sampai manik-manik berbentuk bunga habis. Kemudian masukkan 27 buah manik-manik bulat. Ikat erat kedua ujung senar dengan simpul mati.
  • Kalung telah jadi. Padukan kalung bernuansa alam ini dengan gelang dan aksesori lain yang bernuansa sama.
b. Membuat Roncean Gelang Mutiara
Sekarang, marilah membuat karya kerajinan meronce berupa gelang yang bernuansa modern. Kali ini kita akan membuat gelang berbahan manik-manik mutiara dari plastik. Perhatikan dan ikutilah langkah-langkah berikut.
1) Menyiapkan bahan dan alat
2) Meronce gelang mutiara
  • Potonglah senar karet sepanjang 15 cm. Buatlah simpul mati pada salah satu ujung senar.
  • Masukkan sebuah pipa besi ke dalam senar.
  • Lanjutkan dengan memasukkan sebuah manik-manik mutiara ukuran kecil, manik-manik mutiara ukuran besar, dan manik-manik ukuran kecil lagi.
  • Kerjakan hal yang sama seperti di atas sampai pipa besi dan manik-manik mutiara habis. Ikat erat kedua ujung senar dengan simpul mati.
  • Gelang mutiara ini dapat dipakai pada acara pesta. Padukan gelang ini dengan kalung dan aksesori lain yang bernuansa sama.

Artikel Terkait

1 komentar so far