RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :...............T e m a :Makananku Sehat dan Bergizi
Subtema :3: Kebiasaan Makanku
Pembelajaran : 4
Kelas/semester :IV/2
Alokasi waktu: : 6 x 35 menit
A.Kompetensi Inti
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
- Menyanyikan lagu "Aku Anak Sehat"
Bagi anda yang membutuhkan file dalam format docB. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar:
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi,dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisandan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator:
- Menemukan informasi penting di dalam teks
- Menceritakan kembali teks petualangan
Kompetensi Dasar:
3.16 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana
4.15 Mengumpulkan dan menata datadiskrit dan menampilkan data menggunakan bagan dan grafik termasuk grafik batang ganda, diagram garis, dan diagram lingkaran
Indikator:
- Mengolah data yang didapat dengan benar
- Membedakan penggunaan diagram garis, batang, dan lingkaran
Kompetensi Dasar:
3.7 Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
Indikator:
- Menjelaskan sumber daya alam apel dan manfaatnya
- Membuat minuman dari jus tomat dan menjelaskan manfaatnya
Kompetensi Dasar:
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya
4.3 Menceritakan manusia dalam hubungannya dengan lingkungan geografis tempat tinggalnya
Indikator:
- Mengenal jenis buah di lingkungan
- Menuliskan buah yang dihasilkan tempat tinggal besertamanfaatnya
- Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan informasi penting mengenai buah apel dengan benar.
- Setelah membaca teks, siswa mampu menceritakan kembali teks petualangan dengan benar.
- Setelah mencari data siswa mampu menyajikan data sesuai dengan grafik dengan benar.
- Setelah membaca teks, siswa mampu mengenal jenis buah di lingkungan dengan benar.
- Setelah mencari infomasi, siswa dapat menuliskan buah yang ada di daerah tempat tinggalnya, kemudian menuliskan manfaatnya dengan benar.
- Setelah membaca instruksi, siswa mampu mengolah buah sesuai petunjuk.
- Setelah mencari informasi, siswa mampu mengolah data yang didapat dengan benar.
- Setelah berdiskusi, siswa mampu membedakan penggunaan diagram garis, batang, dan lingkaran dengan benar.
Bahasa Indonesia
Teks Laporan
Matematika
Penyajian Data
IPA
Sumber Daya Alam
IPS
Lingkungan Sosial
E. Metode Pembelajaran
Metode: Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, dan Drill (latihan)
F. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit )
- Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
- Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
- Mengkondisikan siswa untuk menerima pelajaran
- Mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan materi Kesukaan siswa di Salah satu Sekolah
- Menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
- Menyanyikan Lagu "Pepaya Mangga Pisang Jambu"
- Guru memperlihatkan beberapa buah yang biasa dikonsumsinya. Kalau tidak ada, guru bisa memperlihatkan gambarnya saja.
- Guru meminta siswa untuk membuat pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang buah tersebut.
- Siswa menuliskan pertanyaan tersebut di kertas yang disiapkan oleh guru. Secara klasikal, guru meminta siswa untuk saling menjawab pertanyaan yang ada.
- Guru menuliskan jawaban siswa di papan tulis.
- Guru mengajukan pertanyaan tentang buah yang biasa siswa konsusmsi. Pertanyaan yang bisa diajukan guru:: Buah apa yang biasa kalian makan?, Apakah kalian bisa menyebutkan vitamin yang dimilikinya?, Apa manfaat buah yang kalian makan?
- Guru menyampaikan salah satu contoh buah yang dibawanya untuk dibahas
- Siswa membaca teks tentang buah apel dalam kegiatan membaca senyap.
- Guru berkeliling untuk memastikan semua siswa membaca teks dengan saksama.
- Guru dapat meminta siswa memberi tanda atau menggarisbawahi informasi penting yang ia temui di dalam teks.
- Siswa dapat diberi kesempatan bertanya sebanyak-banyaknya tentang teks tadi.
- Siswa mengisi peta pikiran dari teks yang dibacanya, yaitu tentang manfaat apel, kandungan apel, manfaat kebiasaan makan apel, dan penyakit yang bisa dicegah dengan mengonsumsi apel.
- Siswa saling mengkomunikasikan hasilnya dengan teman di sebelahnya.
- Siswa membaca informasi bahwa apel tumbuh di daerah dataran tinggi dengan hawa yang sejuk.
- Siswa membaca teks singkat tentang berbagai macam buah dan manfaatnya.
- Siswa menuliskan informasi singkat tentang kondisi geografis daerah tempat tinggal, jenis-jenis buah yang dihasilkan, serta manfaatnya.
- Siswa bisa mencari informasi tentang manfaat jenis-jenis buah lainnya yang tidak terdapat di dalam teks, dengan bertanya pada guru, mencari di perpustakaan, media elektronik, dan sumber informasi lainnya.
- Siswa mempresentasikan hasil jawabannya ke dalam kelompok dan di depan kelas.
- Siswa mengamati beberapa gambar buahbuahan.
- Siswa mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai manfaat buah-buahan tersebut. Informasi dapat dicari dengan berdiskusi atau dengan mencarinya di perpustakaan.
- Selain itu, kegiatan saling berbagi cerita dapat diupayakan menjadi suatu kegiatan rutin yang dapat membuat siswa memperoleh informasi.
- Siswa mendiskusikan hasil pencarian informasinya dengan teman.
- Siswa mengamati berbagai gambar buah dan menemukan manfaat dari buah tersebut.
- Guru memberikan dorongan kepada siswa untuk mendapatkan informasi dari beberapa sumber, seperti buku perpustakaan, guru di sekolah, atau pun orang dewasa lainnya yang berada di sekitar sekolah.
- Siswa menyampaikan hasilnya kepada temannya.
- Siswa menulis kondisi daerah dan buah yang ada di daerah tersebut danmanfaatnya pada tabel yang disediakan.
- Jika ada buah yang tidak ada dalam teks, siswa bisa mencari informasi manfaat buah buku, majalah, di internet, atau bertanya kepada guru.
- Siswa mempresentasikan jawabannya di dalam kelompoknya.
- Setiap siswa akan mendata mengenai buah yang dikonsumsi dalam satu minggu dari teman sekelasnya atau kelas lain.
- Siswa melakukan tugas seperti yang tertera di buku siswa.
- Siswa memilih data di antara data pilihan berikut.
- Banyaknya buah yang dikonsumsi dalam satu minggu (kamu dapat bertanya pada satu orang temanmu).
- Buah kesukaan (kamu dapat bertanya pada beberapa teman sekelas).
- Buah yang disukai atau yang tidak disukai (kamu dapat bertanya paling sedikit kepada 20 orang teman).
- Siswa memilih grafik untuk penyajian data.
- Siswa praktik membuat jus tomat.
- Guru menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
- Siswa dibagi dalam kelompok setiap kelompok 5 siswa. Satu resep yang tertera di buku siswa untuk satu kelompok. Setiap kelompok diberikan alat dan bahan yang diperlukan.
- Siswa membaca resep yang diberikan.
- Siswa mengikuti tahapan dari instruksi tersebut.
- Siswa membuat laporan dari kegiatan yang sudah dilakukan.
- Di bawah bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi pembelajaran
- Pengayaan, Siswa dapat mencari informasi lain mengenai pentingnya buah bagi tubuh manusia.
- Remedial, Bagi siswa yang masih kesulitan membedakan penggunaan grafik garis, lingkaran, dan batang akan diberikan materi tambahan oleh guru. Guru menyiapkan media pembelajarannya.
- Siswa berbagi informasi dengan siswa lain. ).
- Siswa yang belum dapat mengerjakan soal-soal evaluasi sebanyak 50% dapat mengulangnya kembali dengan sebelumnya dibimbing oleh guru.
- Mengajak siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri kegiatan belajar mengajar.
- Lagu "Pepaya Mangga Pisang Jambu"
- Gambar berbagai jenis buah yang sering dikonsumsi
- Alat tulis
H. Sumber Belajar
- Buku Siswa Kelas IV Tematik Tepadu Kurikulum 2013 Tema : Makananku Bergizi Kemendikbud
- Buku Guru Kelas IV Tematik Tepadu Kurikulum 2013 Tema : Makananku Bergizi Kemendikbud
- Lingkungan sekitar
I. Penilaian
1. Teknik Penilaian
- Penilaian sikap : Menghargai, Tekun, dan Teliti
- Penilaian pengetahuan : Tes tertulis
- Penilaian keterampilan : Unjuk Kerja
2. Bentuk Instrumen Penilaian
- Penilaian Sikap (format terlampir)
- Penilaian Pengetahuan (format terlampir)
- Penilaian Unjuk Kerja (format terlampir)
Medan......................2014
Mengetahui Kepala Sekolah Guru Kelas IV
(.....................................) (..................................)
Lampiran 1
Bahan Ajar
Bahasa Indonesia
Lampiran 1
Bahan Ajar
Bahasa Indonesia
Manfaat Buah Apel
Budi adalah temanku yang berasal dari Malang. Ia terbiasa makan apel. Budi jarang sakit karena apel mengandung antioksidan untuk kekebalan tubuh. Penglihatan Budi juga bagus. Budi jarang sekali terkena penyakit mulut. Giginya pun kuat.
Budi bercerita bahwa apel dikenal banyak mengandung vitamin A, B, C, dan zat mineral. Vitamin A yang dikandung apel 50% lebih banyak dibandingkan jeruk. Buah apel bermanfaat untuk obat batuk dan melancarkan pencernaan.
Manfaat apel :________________________________________________
Kandungan apel :_____________________________________________
Dampak kebiasaan makan apel :__________________________________
Penyakit yang dapat dicegah :____________________________________
Kamu sudah mengetahui manfaat apel. Di mana apel tumbuh? Apel tumbuh di dataran tinggi dengan hawa yang sejuk. Jika kamu tidak tinggal di daerah seperti itu, janganlah bersedih karena masih banyak jenis buah lainnya yang besar manfaatnya. Bagaimana dengan tempat tinggalmu? Tanaman buah apa yang tumbuh di sana?
Media Pembelajaran
- Gambar Buah-buahan
- Syair Lagu "Pepaya Mangga Pisang Jambu"
Penilaian
1. Bahasa Indonesia dan IPA:
Kriteria | Ya | Tidak |
Menuliskan manfaat apel
| ......... | ......... |
Menuliskan kandungan gizi dalam apel
| ......... | ......... |
Menuliskan kandungan gizi dalam apel
|
.........
|
.........
|
Menuliskan kandungan gizi dalam apel
| ......... | ......... |
Kriteria | Ya | Tidak |
Membuat pertanyaan tentang survei dengan benar
| ......... | ......... |
Memilih orang yang disurvei dengan benar
| ......... | ......... |
Mengolah hasil survei dalam bentuk tabel dengan bena
|
.........
|
.........
|
Memilih grafik yang sesuai dengan benar
| ......... | ......... |
No. | Sikap | Belum Terlihat | Mulai Terlihat | Mulai Berkembang | Membudaya | Keterangan |
1.
|
Menghargai diri sendiri
|
.................
|
.................
|
.................
|
.................
|
.................
|
2.
|
Tekun
|
.................
|
.................
|
.................
|
.................
|
.................
|
3.
|
Teliti
| ................. |
.................
|
.................
|
.................
|
.................
|
Lampiran 4 LKPD
LKPD (1)
Amati gambar berikut dan carilah informasi mengenai manfaatnya. Diskusikan hasilnya dengan temanmu.
Wah, ternyata buah memiliki manfaat yang besar ya untuk kesehatan tubuh. Ceritakanlah kepada temanmu buah yang sering kamu dan keluargamu konsumsi.
LKPD (2)
Wah, ternyata buah memiliki manfaat yang besar ya untuk kesehatan tubuh. . Sekarang kamu data ya buah yang ada di daerahmu dan tuliskan manfaatnya!
Kondisi daerah | Nama buah | Manfaat |
........................................
| ........................................ | ........................................ |
........................................
| ........................................ | ........................................ |
........................................
|
........................................
|
........................................
|
........................................
| ........................................ | ........................................ |
LKPD (3)
Banyak sekali manfaat buah yang bisa kita pelajari. Sekarang carilah informasi dari teman-teman sekolahmu mengenai beberapa hal berikut:
- Banyaknya buah yang dikonsumsi dalam satu minggu (kamu dapat bertanya pada satu orang temanmu)
- Buah kesukaan (kamu dapat bertanya pada beberapa teman sekelas)
- Yang suka atau tidak suka makan buah (kamu dapat bertanya paling sedikit kepada 20 orang teman).
_________________________________________________________Bagaimana dengan hasil datamu apakah sudah banyak siswa yang senang mengonsumsi buah. Sekarang kita akan membuat minuman dari bahan buah.
_________________________________________________________
LKPD (4)
Membuat Jus Tomat
Setelah mengetahui manfaat buah, ayo biasakan makan buah setiap hari. Bersama teman dan gurumu, kamu akan mengolah buah tomat menjadi jus yang segar. Ayo, perhatikan cara membuatnya! Selain enak dimakan langsung, tomat juga bisa diolah menjadi minuman. Salah satunya adalah jus tomat. Kandungan antioksidan pada tomat bekerja untuk melawan kuman dan bakteri yang masuk dalam tubuh.
Berikut adalah bahan dan cara membuat jus tomat.
Bahan :
- 4 buah tomat merah
- Gula atau madu secukupnya
- Air Hangat
- Cuci tomat sampai bersih, potong kasar-kasar
- Masukan tomat, gula/madu ke dalam air hangat
- Kocok dengan menggunakan sendok