Menentukan Arah Mata Angin

Air merupakan salah satu kebutuhan pokok semua makhluk hidup. Tidak hanya manusia yang membutuhkan air. Hewan dan tumbuhan pun membutuhkan air. Tanpa air, tidak ada kehidupan di dunia ini. Semua makhluk hidup tidak dapat bertahan hidup tanpa air.

Manfaat air bagi manusia antara lain sebagai berikut :

  • Menyiram tanaman bunga di halaman
  • Untuk air minum
  • Untuk mandi dan mencuci
Manfaat air bagi hewan
  • Bagi hewan air bermanfaat sebagai tempat hidup seperti baerbagai jenis ikan, sedangkan bagi hewan yang hidup di darat air digunakan untuk minum dan juga mandi
Manfaat air bagi tanaman
  • Tanaman memerlukan air untuk fotosintesis yang menghasilkan makanan bagi tumbuhan.

Air begitu penting bagi kehidupan manusia, hewan, dan tanaman. Sangat tepat jika ada yang mengatakan bahwa air merupakan sumber kehidupan. Pagi itu, setelah menyiram tanaman di sekitar sekolah, Edo merasa haus. Edo ingin kembali ke kelasnya untuk mengambil air minum. Air minum ada di dalam galon yang diletakkan di atas meja di dalam kelas. Untuk menuju kelasnya, Edo harus berjalan ke timur, kemudian ke utara.

Arah mata angin dapat digunakan untuk membantu menentukan letak suatu benda. Arah mata angin terdiri atas arah utara, timur laut, timur, tenggara, selatan, barat daya, barat, dan barat laut. Biasanya pada peta atau denah arah utara selalu berada di sebelah atas, arah selatan berada di bawah, arah barat berada di sebelah kiri, dan arah timur berada di sebelah kanan. Perhatikan gambar di bawah ini.




1. Edo berdiri pada kotak yang berwarna merah.
  • Ke arah mana Edo harus melangkah untuk mendapatkan air minum di dalam galon yang berada di kelas 5?(Edo harus berjalan 4 langkah ke arah timur kemudian 4 langkah ke arah utara)
  • Ke arah mana Edo harus melangkah untuk mendapatkan air minum yang berada di kelas 1?(Edo harus berjalan 4 langkah ke arah timur)
  • Ke arah mana Edo harus melangkah untuk mendapatkan air minum yang berada di kelas 6?(Edo harus berjalan 6 langkah ke timur kemudian 6 langkah ke utara)
2. Tentukan letak galon kelas 2 terhadap galon kelas 3.
Galon kelas 2 terletak 5 langkah ke arah timur dari galon kelas 3
3. Tentukan letak galon kelas 5 terhadap galon kelas 4.
Galon kelas 5 terletak 2 langkah ke arah utara dan 4 langkah ke arah timur dari kelas 4
4. Dari galon kelas 5, 4 langkah ke timur kemudian 1 langkah ke utara terdapat galon ruang guru.Tentukan letak galon ruang guru terhadap galon kelas 6. (Ruang guru terletak 2 langkah ke arah timur dan 3 langkah ke arah selatan dari kelas 6)

Kerja Sama dengan Orang Tua
Amatilah semua kegiatan anggota keluargamu yang memerlukan air. Kemudian, tuliskan pada tabel berikut!
NoKegiatan Anggota Keluarga yang Memerlukan Air
AyahIbuKakakAdik
1.Mencuci motor MemasakMenyiram bungaMandi
2.Mandi Mencuci bajuMandiBermain pistol air
3.Mencuci mobil Menyiram bungaMengisi akuariumMencuci sepeda
4.Mencuci sepatu MandiBerwudluBerwudlu
5.Membersihkan kaca Menggepel lantaiMencuci bajuMemelihara ikan di kolam

Artikel Terkait