Manfaat Air

Manfaat air bagi pertanian dapat dikatakan sangat penting. Air bagi para petani adalah sumber daya pokok yang menunjang berlangsungnya kegiatan pertanian. Kelangkaan air akan memengaruhi keamanan dan ketahanan pangan serta angka harapan hidup manusia. Para petani sebagian besar memanfaatkan air permukaan untuk keperluan irigasi. Air tanah dimanfaatkan untuk irigasi tanaman semusim, seperti jagung dan ubi-ubian. Selain itu air tanah juga menjadi solusi irigasi untuk tanaman tahunan seperti karet, cengkeh, dan lainnya.

Perhatikan cara-cara menggunakan kamus

  1. Pilihlah sebuah kata dari daftar kosakata barumu. Misalnya : PILAR
  2. Bukalah buku kamusmu, carilah daftar kata-kata yang dimulai dengan huruf awal “P”. Ingat, setiap kata pada kamus selalu diurutkan berdasarkan urutan abjad.
  3. Dalam daftar kata yang berhuruf awal “P” itu, carilah daftar kata yang dimulai dengan “PI”.
  4. Carilah daftar kata yang dimulai dengan “PIL”. Kata PILAR akan kamu temukan di antara kata-kata itu. Selamat mencari.
Kata-Kata Baru/Sulit   Arti Kata   Contoh Kalimat
irigasiirigasi adalah pengaturan pembagian atau pengaliran air menurut sistem tertentu untuk sawah dsb; pengairan: Saluran irigasi yang telah rusak hendaknya segera diperbaiki untuk mencegah terjadinya banjir 
budidayabudi daya artinya usaha yg bermanfaat dan memberi hasil.Budidaya udang perlu ditingkatkan untuk menghasilkan devisa;
alternatifalternatif artinya pilihan di antara dua atau beberapa kemungkinan.Kita mempunyai alternatif mau bekerja keras dan lulus ujian atau bermalas-malas dan tidak akan lulus
solusisolusiartinya penyelesaian; pemecahan (masalah dsb); jalan keluar.Solusi persoalan pembangunan desa akan segera musyawarahkan
maksimalmaksimal artinya sebanyak-banyaknya; setinggi-tingginya; tertinggi.Kita harus belajar tekun untuk mencapai prestasi yang maksimal.

Air memiliki peran sangat penting bagi pertanian. Selain pertanian air juga bermanfaat bagi kehidupan manusia.  Salah satu kebutuhan pokok sehari-hari makhluk hidup di dunia ini yang tidak dapat terpisahkan adalah Air. Tanpa air kemungkinan tidak ada kehidupan di dunia inti karena semua makhluk hidup sangat memerlukan air untuk bertahan hidup.

Berikut ini peran air bagi manusia dengan segala macam kegiatannya, antara lain digunakan untuk:
  • Untuk keperluan rumah tangga, misalnya untuk minum, masak, mandi, cuci dan masih banyak yang lainnya,
  • Untuk keperluan umum, misalnya untuk kebersihan jalan, pengangkutan air limbah, tempat rekreasi dan lain-lainnya.
  • Untuk keperluan industri, misalnya air digunakan untuk bahan baku pabrik air minum dan bangunan pembangkit tenaga listrik tenaga air (PLTA).
  • Untuk keperluan perdagangan, misalnya untuk hotel, restoran, dan tempat wisata.
  • Untuk keperluan pelayaran, dalam pelayaran jelas sangat membutuhkan air sebagai sarana transportasi
Air sangat berfungsi dan berperan bagi kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Kita harus selalu melestarikan dan menjaga agar air yang kita gunakan tetap terjaga kelestariannya dengan melakukan pengelolaan air yang baik seperti penghematan, tidak membuang sampah dan limbah yang dapat membuat pencemaran air sehingga dapat menggangu ekosistem yang ada.

Peran air bagi kehidupan manusia dapat digambarkan sebagai berikut :
Proporsi dan Komposisi
Proporsi berasal dari kata proporsional yang berarti ‘keseimbangan’. Proporsi pada sebuah gambar dapat diartikan sebagai: ‘keseimbangan besaran dan letak setiap bagian dari sebuah benda sehingga dapat tergambar sama atau menyerupai benda sebenarnya’. Misalnya, kita hendak menggambar seorang manusia. Proporsi panjang kepala, leher, badan dan tungkai (tangan dan kaki) adalah 2:1:4:4. Dengan proporsi ini, kita tidak akan menggambar leher yang terlalu panjang atau tangan dan kaki yang terlalu pendek.

Komposisi berarti ‘susunan atau tata susunan’. Komposisi dalam sebuah gambar dapat diartikan sebagai : ’tata susunan bentuk dan warna dalam satu bidang gambar’. Cara bentuk-bentuk dipadukan dan warna-warna dipilih dalam sebuah gambar sangat dipengaruhi oleh tujuan pembuatan gambar itu. Misalnya, pesan apa yang hendak disampaikan oleh gambar itu atau pengaruh apa yang ingin dibuat jika seseorang memandang gambar itu.

Artikel Terkait