Menentukan Perbandingan. Perbandingan adalah membandingkan dua nilai atau lebih dari suatu besaran yang sejenis dan dinyatakan dengan cara yang sederhana. Ketika melakukan kegiatan mencari contoh-contoh iklan, Dayu mengetahui harga dua macam telepon genggam. Harga telepon genggam A: Rp800.000. Harga telepon genggam B: Rp1.000.000. Dayu membandingkan kedua harga telepon genggam tersebut.
Harga telepon genggam A : harga telepon genggam B
800.000 : 1.000.000 = | 800.000 |
1.000.000 |
Pecahan | 800.000 | dapat disederhanakan sebagai berikut. |
1.000.000 |
800.000 | = | 800.000 : 200.000 | = | 4 |
1.000.000 | 1.000.000 : 200.000 | 5 |
Harga telepon genggam A : harga telepon genggam B = | 4 |
5 |
Berapa selisih harga telepon genggam A dan B? Berapa jumlah harga telepon genggam A dan B? Perhatikan tabel berikut.
No. | Keterangan | Bilangan | |||||
1. | Harga telepon genggam A | Rp800.000 | |||||
2. | Harga telepon genggam B | Rp1.000.000 | |||||
3. | Selisih harga telepon genggam A dan B | Rp200.000 | |||||
4. | Jumlah harga telepon genggam A dan B | Rp1.800.000 | |||||
5. | Perbandingan harga telepon genggam A dan B |
| |||||
6. | Perbandingan harga telepon genggam A dan selisih harga kedua telepon genggam |
| |||||
7. | Perbandingan harga telepon B dengan jumlah harga kedua telepon genggam |
|
Hitunglah banyak siswa di kelasmu, lalu lengkapilah tabel berikut.Misalkan jumlah siswa di kelasmu adalah 40 orang siswa dengan 25 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki
No. | Keterangan | Bilangan | ||||||||
1. | Banyak siswa perempuan | 25 | ||||||||
2. | Banyak siswa laki-laki | 15 | ||||||||
3. | Jumlah siswa | 40 | ||||||||
4. | Selisih banyak siswa perempuan dan banyak siswa laki-laki | 25 - 15 = 10 | ||||||||
5. | Perbandingan banyak siswa perempuan dan banyak siswa laki-laki |
| ||||||||
6. | Selisih banyak siswa perempuan dan jumlah siswa | 40 - 25 = 15 | ||||||||
7. | Perbandingan banyak siswa perempuan dan jumlah siswa |
| ||||||||
8. | Perbandingan banyak siswa laki-laki dan jumlah siswa |
| ||||||||
9. | Perbandingan banyak siswa perempuan dengan selisih banyak siswa perempuan dan siswa laki-laki |
| ||||||||
10. | Perbandingan jumlah siswa dengan selisih banyak siswa perempuan dan siswa laki-laki |
|
Siswa SD Nusantara selalu hidup rukun. Suatu hari mereka bekerja sama membersihkan sampah dan merapikan tanaman. Di halaman sekolah terdapat 36 siswa.
Perbandingan banyak siswa perempuan dan banyak siswa laki-laki adalah 4:5. Berapa banyak siswa perempuan? Berapa banyak siswa laki-laki?
Perbandingan banyak siswa perempuan dan banyak siswa laki-laki adalah 4:5. Berapa banyak siswa perempuan? Berapa banyak siswa laki-laki?
Pembahasan :
Cara I:
Banyak siswa perempuan : banyak siswa laki-laki = 4 : 5.
Misalkan banyak siswa perempuan = 4n.
Oleh karena itu, banyak siswa laki-laki = 5n.
Jumlah siswa perempuan dan siswa laki-laki = 4n + 5n = 9n.
Diketahui jumlah siswa = 36, sehingga 9n = 36 atau n = 36/9 = 4.
Jadi, banyak siswa perempuan = 4n = 4 x 4 = 16.
Banyak siswa laki-laki = 5n = 5 x 4 = 20.
Cara 2 :
Banyak siswa perempuan : banyak siswa laki-laki = 4 : 5.
Banyak siswa perempuan | Banyak siswa laki-laki | Jumlah |
4 | 5 | 9 |
Banyak siswa perempuan = | 4 | x 36 = 16 |
9 |
Banyak siswa laki-laki = | 5 | x 36 = 20 |
9 |
Setelah membersihkan halaman, Edo membantu Ibu menyiram pot-pot tanaman. Pot tanaman Ibu banyak. Ada pot besar dan ada pula pot kecil. Kata Ibu, perbandingan banyak pot besar dan pot kecil 3 : 7. Selisih banyak pot besar dan pot kecil adalah 16. Berapa banyak pot besar? Berapa banyak pot kecil? Berapa jumlah semua pot?
Pot besar | Pot kecil | Selisih | Jumlah |
3n | 7n | 7n – 3n = 4n | 3n + 7n = 10n |
? | ? | 16 | ? |
Terlihat bahwa 4n = 16 atau n = | 16 | = 4 |
4 |
Banyak pot kecil = 7n = 7 x 4 = 28.
Jumlah semua pot = 12 + 28 = 40 atau 4n = 4 x 10 = 40.
Jadi, banyak pot besar = 12, banyak pot kecil = 28, dan jumlah pot = 40.
Selesaikan soal-soal berikut.
1. Pak Made pengekspor kerajinan. Hari itu Pak Made mengekspor patung kayu dan patung batu sejumlah 48 buah. Patung batu yang diekspor hari itu sebanyak 26.
a. Berapa banyak patung kayu yang diekspor Pak Made?
b. Berapa perbandingan antara banyak patung kayu dengan banyak patung semuanya?
Patung kayu = 48 - 26 = 22 buah
Perbandingan = | 22 | = | 22 : 2 | = | 11 |
48 | 48 : 2 | 24 |
a. Berapa perbandingan panjang dan lebar peti itu?
b. Berapa perbandingan panjang dan tinggi peti itu?
c. Berapa perbandingan lebar dan tinggi peti itu?
Perbandingan panjang dan lebar = | 60 | = | 60 : 10 | = | 6 |
50 | 50 : 10 | 5 |
Perbandingan panjang dan tinggi = | 60 | = | 60 : 60 | = | 1 |
120 | 120 : 60 | 2 |
Perbandingan lebar dan tinggi = | 50 | = | 50 : 10 | = | 5 |
120 | 120 : 10 | 12 |
Banyak tas bordir = | 9 | x 70 = | 630 | = 45 |
14 | 14 |
4. Sebuah pabrik mengimpor sebuah mesin dari luar negeri. Mesin itu dimasukkan ke dalam sebuah peti. Peti berisi mesin itu mempunyai berat 315 kg. Saat mesin sudah dikeluarkan dari peti, perbandingan berat peti dan berat mesin = 1 : 20.
a. Berapa berat peti kosong?
b. Berapa berat mesin?
Berat peti kosong = | 1 | x 315 = | 315 | = 15 kg |
21 | 20 |
Berat mesin = | 20 | x 315 = | 6.300 | = 300 kg |
21 | 21 |
Banyak Hari Latihan | Jam Latihan Setiap Hari | Total Jam Latihan |
5 | 2 | 6 × 2 = 12 |
4 | n = ? | 4 × n = 12 |
Oleh karena itu, 4 × n = 12 atau n = | 12 | = 3 |
4 |
Perhatikan bahwa 4 × n = 12 merupakan kalimat matematika. Jadi, untuk masa berlatih selama 4 hari, anggota tari harus berlatih selama 3 jam setiap kali latihan.